Smart Home

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menggunakan Peralatan Smart home

Smart Home merupakan konsep rumah yang memanfaatkan teknologi. Teknologi yang digunakan berguna untuk mengatur dan mengendalikan berbagai peralatan dari jarak jauh. Teknologi canggih smart home saat ini kebanyakan bisa berjalan dengan baik apabila tersedia  jaringan internet.

Sistem pada smart home menghubungkan berbagai perangkat elektronik di rumah, sehingga membuat penghuninya dapat mengatur dengan mudah walau sedang tidak berada di rumah. Seperti menyalakan dan mematikan lampu, mengatur suhu ac, hingga sensor otomatis yang bisa menyesuaikan peralatan sesuai dengan kondisi di lokasi. Canggih bukan??

Tetapi sebelum menerapkan smart home di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan perangkat smart home di rumah.

Ketersediaan Jaringan Listrik yang Sesuai SNI

Jaringan listrik sesuai standar SNI merupakan salah satu hal yang mutlak dipersiapkan untuk bisa menjalankan smart home dengan baik. Tanpa dukungan instalasi listrik yang memadai, smart home bisa jadi nggak berguna sebagaimana mestinya.

Meski sudah ada baterai yang bisa digunakan sebagai sumber daya, namun untuk beberapa peralatan tetap perlu menggunakan aliran listrik yang memadai seperti pintu keamanan hingga AC.

Oleh karena itu percayakan instalasi listrik pada tukang listrik profesional seperti Credo sehingga dapat memperhitungkan berbagai risiko yang timbul dan dapat memastikan skenario terbaik apabila ada masalah pada jaringan listrik sehingga tetap dapat membuat semua perangkat smart home berjalan dengan baik

Ketersediaan Jaringan Internet

Jaringan internet merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi sebelum menggunakan smart home. Tanpa internet, perangkat smart home hanya dapat digunakan seperti peralatan elektronik biasanya

Sehingga sangat sayang apabila teknologi di dalamnya tidak dapat digunakan. Pastikan anda sudah memiliki jaringan internet dan wifi yang menjangkau seluruh bagian rumah sehingga dapat mengoperasikan perangkat smart home dari jauh.

Kalau belum ada jaringan internet yang memdai, namun menginginkan smarthome, anda bisa memanfaatkan beberapa perangkat smarthome tanpa internet.

Ketersediaan Perangkat Elektronik

Perangkat elektronik smart home berbeda dengan perangkat elektronik biasa. Mereka memiliki chip yang membuat smart home bisa terhubung di jaringan internet. Sehingga bisa menerima perintah melalui jaringan internet.

Beberapa perangkat elektronik yang umumnya sudah mendukung smart home adalah AC, TV, CCTV, lampu, stop kontak, music player bahkan robot vacuum cleaner.

Keamanan

Keamanan merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika ingin menggunakan smart home. Karena siapapun bisa mengakses perangkat di rumah apabila sistem keamanan tidak baik

Oleh karena itu perlu mempertimbangkan brand perangkat smart home yang digunakan. Pastikan juga mereka merupakan brand yang aware dengan keamanan perangkatnya. Sehingga perangkat smart home yang kita miliki benar-benar aman karena berada di tangan yang tepat.

Itu lah beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memasang smart home di rumah. Memang menyenangkan untuk memiliki perangkat yang membantu kehidupan sehari-hari sehingga semakin membuat anda nyaman untuk tinggal di rumah dengan bantuan teknologi terbaru ini

1 thought on “Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menggunakan Peralatan Smart home”

  1. Pingback: Pasang Sensor Keamanan ini di Rumah Anda - Credo Indoelektra

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top