proyek instalasi listrik

Jasa Instalasi Listrik & Tambah Daya di Blitar

Butuh jasa instalasi listrik di Blitar? Credo.id merupakan kontraktor listrik bersertfikasi ISO 9001 yang siap membantu instalasi listrik dengan standar kelistrikan yang berlaku di Indonesia. Sehingga anda bisa dengan nyaman menggunakan berbagai macam peralatan elektronik.

Instalasi listrik adalah salah satu elemen vital pada sebuah bangunan, baik itu pada bangunan rumah hunian, perkantoran hingga bangunan industri. Pemerintah mengatur melauli PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik) yang menjadi standar acuan dalam pemasangan listrik di Indonesia.

Instalasi yang telah memenuhi standar dapat meminimalisir bahaya listrik seperti terjadinya arus pendek yang dapat berakibat terjadinya kebakaran, tersengat listrik atau tersetrum dan sebagainya. Oleh karena itu anda perlu mencari teknisi listrik profesional untuk mengerjakan hal ini.

Jasa Instalasi Listrik Blitar

Credo merupakan salah satu perusahaan yang melayani jasa instalasi listrik sesuai dengan standar keamanan yang berlaku di Indonesia. Jam terbang yang tinggi membuat credo bisa memberikan pelayanan terbaik untuk semua pelanggan yang sedang mencari jasa instalasi listrik maupun penambahan daya listrik di Blitar, Tulungagung dan Kediri.

Melayani instalasi listrik untuk perumahan, perkantoran, hotel, ruko, pabrik, gedung baru. Selain itu juga melayani pemasangan panel listrik baru, renovasi, perbaikan, hingga korsleting serta peremajaan instalasi listrik.

Selain melayani wilayah Blitar, kami juga melayani Tulungagung dan Kediri karena masih berada dalam jangkauan wilayah kerja credo.

Pembuatan Desain

Proses Instalasi Listrik

Desain instalasi listrik merupakan dokumen desain dan uraian teknis yang digunakan sebagai acuan dalam pemasangan listrik. Perlengkapan yang digunakan pun harus ditata dengan baik untuk memastikan kondisi yang aman.  

Dalam pemasangan instalasi listrik juga harus memperhitungkan berbagai kemungkinan yang berpotensi merusak seperti mekanis, kimia dan termal. Dalam pembuatan desain instalasi, terdiri dari beberapa hal. Yaitu

Gambar Situasi

Gambar situasi merupakan gambar yang menunjukkan posisi objek yang akan dirancang dan rencana penyambungannya dengan jaringan listrik PLN

Gambar Instalasi

Gambar instalasi terdiri dari beberapa hal, diantaranya

  • Desain tata letak komponen yang memberikan informasi posisi perangkat listrik seperti stop kontak, saklar, titik pencahayaan dan sebagainya
  • Desain hubungan perangkat listrik terhadap alat pengontrol seperti saklar dan lampu yang dinyalakan
  • Notasi merupakan keterangan spesifik tentang perangkat yang digunakan

Diagram Satu Garis

Diagram satu garis terdiri dari

  • Diagram Panel Hubung Bagi (PHB) yang dilengkapi informasi ukuran dan nominal komponen
  • Keterangan tentang jenis dan besar beban yang terpasang beserta pembagiannya
  • Jenis dan ukuran konduktor yang digunakan

Gambar Detail

Gambar detail dalam instalasi listrik meliputi

  • Ukuran fisik Panel Hubung Bagi (PHB)
  • Teknis pemasangan perangkat listrik
  • Teknis pemasangan konduktor
  • Sistem kerja instalasi kendali

Perhitungan Teknis

Perhitungan teknis terhadap aspek yang dianggap perlu. Aspek tersebut diantaranya

  • Drop Voltase
  • Perbaikan faktor daya
  • Intensitas pencahayaan
  • Arus hubung singkat dan daya hubung singkat
  • Keseimbangan beban
  • Beban terpasang dan kebutuhan maksimum

Daftar Kebutuhan Barang

Daftar kebutuhan barang diantaranya

  • Jumlah dan jenis konduktor serta perlengkapan
  • Jumlah dan jenis luminer lampu
  • Jumlah dan jenis perlengkapan bantu

Uraian Teknis

Uraian teknis diantaranya

  • Persyaratan mengenai sistem pengamanan atau proteksi sesuai PUIL 2011 lampiran F bagian 4-41
  • Persyaratan teknis perlengkapan listrik yang dipasang dan teknis pemasangan
  • Teknis pengujian

Estimasi Biaya

Setelah melakukan semua langkah di atas, bisa dihitung estimasi biaya yang dibutuhkan untuk pengerjaan proyek instalasi listrik. Anda bisa menghubungi Credo.id.

Peralatan Instalasi Listrik

Berikut beberapa peralatan listrik yang biasanya digunakan dan dipertimbangkan dalam proses instalasi listrik. Semua dipertimbangkan dengan matang untuk meminimalisir berbagai risiko yang mungkin saja terjadi dari penggunaan alat tersebut di kemudian hari. Ini akan membuat berbagai peralatan listrik dapat digunakan dengan efisien.

Kabel

Kabel / Penghantar merupakan salah satu elemen penting dalam instalasi listrik. Alat ini berperan menyalurkan arus listrik. Biasanya kabel terbuat dari tembaga atau aluminium dengan lapisan isolator yang terbuat dari thermoplastic / thermosetting.

Ada 3 jenis kabel / penghantar yang sering digunakan dalam instalasi listrik. Yaitu NYA, NYM, dan NYY.

Tipe Kabel NYA
Penghantar / Kabel NYA

Kabel NYA biasa juga dikenal dengan kabel dengan inti tunggal yang berbentuk pejal. Kabel jenis ini sering digunakan pada instalasi rumah tangga. Untuk pemasangan kabel NYA ini harus dilindungi PVC atau pipa union

Tipe Kabel NYM
Penghantar / Kabel NYM

Berbeda dengan kabel NYA, NYM kabel dengan banyak inti. Pada umumnya ada 2 – 4 inti dan memiliki isolator sebagai pengamannya. Kabel ini biasanya juga digunakan dalam instalasi rumah tangga.

Dengan adanya isolator, kabel ini tidak harus dilindungi pipa. Meski begitu, sangat direkomendasikan untuk tetap menggunakan pipa sebagai pelindung dan memudahkan dalam penggantian kabel

Tipe Kabel NYY
Kabel NYY

Sedangkan tipe kabel NYY yang biasanya digunakan pada instalasi listrik industri terbuat dari termoplastik. Sebenarnya susunan kabel NYY sama dengan NYM, yang membedakan adalah ketebalan isolatornya.

Untuk instalasinya pun harus dilengkapi proteksi terhadap gangguan mekanis. Bisa menggunakan pipa atau pasir yang diberi batu bata / bata pada bagian atasnya. Selain itu, boleh juga ditanam di dalam tanah.

Saklar

Saklar
Saklar

Saklar dikenal juga dengan nama switch atau on-off. Dalam bahasa teknis, fungsinya untuk membuka dan menutup rangkaian listrik. Sedangkan masyarakat awam memahaminya sebagai tombol untuk menyalakan dan mematikan listrik.

Fitting

Fitting Lampu

Fitting merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan lampu dengan jaringan listrik secara aman. Ada beberapa jenis fitting seperti fitting tempel, gantung, bayonet dan gabungan fitting dengan stop kontak

Pipa

Pipa atau PVC digunakan untuk melindungi penghantar atau kabel. Dalam pengaplikasiannya, biasanya ditanam di dalam tembok. 

Stop Kontak

stop kontak

Stop kontak atau yang juga dikenal sebagai socket outlet merupakan salah alat listrik yang berguna untuk menghubungkan aliran listrik dari instalasi listrik ke berbagai peralatan elektronik. Kalau di Jawa biasanya juga disebut dengan cop-cop an dimana kita menghubungkan steker.

MCB

MCB

MCB merupakan kependekan dari Miniature Circuit Breaker yang merupakan komponen pengaman dalam sistem instalasi listrik. MCB merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah sistem instalasi listrik. MCB berfungsi untuk memutus rangkaian apabila terjadi hubungan singkat / korsleting / short

Jasa Tambah Daya di Blitar

Apabila anda membutuhkan daya yang lebih besar untuk tempat hunian, perkantoran maupun gedung yang berada di wilayah Blitar, Tulungagung maupun Kediri. Credo bisa membantu untuk meningkatkan daya listrik di tempat anda. Penambahan daya yang legal dan resmi sebagai salah satu mitra PLN.

Tidak hanya menambah daya, kami juga akan memastikan bahwa semua instalasi yang sudah terpasang tidak mengalami masalah saat digunakan dengan daya listrik yang lebih besar. Sehingga anda bisa dengan nyaman menggunakan berbagai peralatan listrik terbaru tanpa perlu khawatir.

Scroll to Top