Kabel NYRGBY NYFGBF NYBY

Jenis Kabel yang Perlu Kamu Ketahui

Saat ini nyaris tidak mungkin kita hidup tanpa listrik. Ketika listrik padam dalam waktu lama, rutinitas harian otomatis terganggu. Selain pemadaman listrik, masalah kelistrikan bisa juga terjadi akibat penggunaan jenis kabel listrik yang tidak tepat. Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari apa saja jenis kabel berikut fungsinya.

Kalau kamu menggunakan jasa perbaikan listrik di Blitar yang profesional, kamu nggak perlu lagi bingung mikirin berbagai macam kabel. Karena mereka sudah terbiasa dengan berbagai pekerjaan listrik dengan standard keamanan yang berlaku.

Karakteristik Kabel Listrik

Istilah kabel listrik merujuk pada suatu media yang bertugas menghantarkan arus listrik. Umumnya, bahan konduktor dan isolator jadi bahan pembuat kabel listrik. 

Bagian konduktor suatu kabel berfungsi mengirimkan arus listrik dari satu titik ke titik lain. Maka, material seperti aluminium dan tembaga lazim digunakan karena keduanya dikenal sebagai konduktor yang baik. 

Bagian isolator bisa ditemui sebagai pembungkus kabel. Bahan termoplastik jadi pilihan utama isolator karena efektif bekerja sebagai pelindung. Sepanjang kabel terbungkus baik, tidak ada bagian yang terkelupas, kamu tetap bisa memegang kabel tanpa khawatir tersetrum.

Jenis dan Fungsi Kabel Listrik

Di pasaran kamu bisa menjumpai berbagai variasi kabel listrik. Pada setiap kabel tercantum informasi terkait material pembuatan, antara lain kode bahan, tegangan nominal, ukuran kabel, dan jumlah kawat atau wire yang membentuk kabel. 

Mengapa kamu perlu tahu informasi tersebut? Ini akan membantumu mengidentifikasi jenis kabel sekaligus menghindari terjadinya kesalahan pemasangan kabel pada instalasi listrik. Di pasaran tersedia 10 jenis kabel listrik yang perlu kamu ketahui. 

Kabel NYA

Kabel NYA

Inti kabel jenis ini mengandung material tembaga tunggal. Bahan isolator yang digunakan berupa PVC satu lapis. Umum dipakai pada instalasi kabel udara dan instalasi listrik perumahan, penggunaan kabel NYA lebih baik dibarengi dengan pelindung semacam pipa PVC.

Kabel NYM

Kabel NYM

Paling sering dipakai dalam instalasi listrik gedung dan rumah, tingkat keamanan kabel NYM tergolong cukup baik. Inti kabel memiliki satu hingga empat inti, dikelilingi lapisan isolasi berbahan PVC sehingga kabel ini dapat dipasang di area basah maupun kering.

Kabel NYAF

Kabel NYAF

Dengan inti tunggal berupa tembaga berserabut, kabel NYAF hanya memakai satu lapis isolator PVC. Kabel ini dikenal memiliki fleksibilitas tinggi sehingga cocok dipasang pada panel instalasi yang memiliki banyak lekukan dan berada di lingkungan tertutup.

Kabel NYY

Kabel NYY

Inti tembaga pada kabel NYY sudah berisolasi PVC karena dirancang untuk instalasi permanen yang ditanam dalam tanah. Bisa juga dipasang pada lingkungan terbuka asal diberi perlindungan tambahan, seperti pipa besi atau duct. Bahan isolator kabel ini relatif lebih kuat dibandingkan kabel biasa dan anti gigitan tikus.

Kabel NYMHYO

Umum digunakan pada peralatan audio, kabel ini tidak mempunyai selubung luar tahan cuaca. Selubung luar menyelimuti inti tembaga berserabut yang telah diisolasi PVC. Lantaran kabel ini hanya bisa digunakan pada instalasi listrik arus kecil, sebaiknya hanya dipakai dalam ruangan saja. 

Kabel NYYHY

Kabel NYYHY

Selubung luar berbahan PVC digunakan untuk melindungi inti tembaga berserabut. Karakteristik inti demikian membuat kabel bersifat fleksibel untuk dipasang di dalam hunian.

Kabel BC

Kabel BC

Kabel bare core atau BC tidak punya lapisan pelindung alias isolator. Ini menjelaskan mengapa kabel ini kerap dipakai untuk pemasangan instalasi grounding dan penangkal petir. 

Kabel NYMHY

Jika rumah kamu masih mengandalkan daya di bawah 900 watt, hampir dipastikan kabel NYMHY mendominasi instalasi listriknya. Bagian konduktor berupa inti tembaga berserabut dan dilindungi isolator dalam dan pelindung luar berbahan PVC.

Kabel ACSR

Kabel ACSR biasa digunakan untuk pemasangan instalasi arus listrik skala besar. Fungsinya menghantarkan tegangan listrik arus besar dari satu menara distribusi ke menara distribusi listrik lainnya.

Kabel NYRGBY/NYFGBF/NYBY

Kabel NYRGBY NYFGBF NYBY

Kabel ini dilengkapi lapisan pelindung berupa lilitan plat baja dan kawat baja bulat, plus isolator PVC di lapisan terluar. Ini membuat kabel NYBY aman ditanam dalam tanah.  

Demikian informasi mengenai jenis kabel listrik yang perlu kamu tahu. Agar proses pemasangan kabel lebih aman, pastikan kamu mempercayakan tugas ini pada tukang listrik berpengalaman ya. 

1 thought on “Jenis Kabel yang Perlu Kamu Ketahui”

  1. Pingback: Peralatan Listrik yang Harus Kamu Miliki di Rumah - Credo Indoelektra

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top