Listrik Padam

Ketahui Tentang Pemadaman Listrik dan Penyebabnya

Saat ini, listrik menjadi salah satu sumber energi yang paling dibutuhkan. Tidak hanya kebutuhan rumah tangga saja, berbagai sektor industri menggunakan listrik sebagai sumber daya utamanya. Lantas, bagaimana kalau listrik padam? Apa sebenarnya penyebab listrik padam?

Pemadaman Mendadak dan Pemadaman Terjadwal

Penyebab pemadaman listrik jika dilihat dari waktu pemadamannya terbagi menjadi 2 yakni pemadaman mendadak dan pemadaman terjadwal. Pemadaman mendadak terjadi ketika penyebab matinya listrik merupakan peristiwa yang tidak diduga. Misalnya saja ada kerusakan karena salah satu tiang utama listrik tersambar petir.

Selanjutnya ada pemadaman terjadwal. Pemadaman terjadwal merupakan pemadaman yang sengaja dilakukan karena berbagai kebutuhan. Misalnya saja karena kontraktor listrik sedang mengadakan pembangunan pembangkit tenaga listrik baru. Pemeriksaan dan maintenance yang dilakukan secara berkala oleh pihak PLN juga bisa menjadi penyebab pemadaman listrik terjadwal.

Berbeda dengan pemadaman mendadak, pemadaman terjadwal biasanya disertai dengan pengumuman berupa surat edaran. Surat edaran dari PLN setempat berisi informasi tentang wilayah mana saja yang akan mengalami pemadaman dan durasi pemadamannya.

Hal-hal yang Bisa Menjadi Penyebab Pemadaman Listrik

Jika dilihat dari faktor penyebabnya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan padamnya listrik di area lingkungan kamu yakni:

Korsleting Arus Listrik

Korsleting listrik adalah salah satu penyebab pemadaman mendadak dan paling sering terjadi. Korsleting listrik umumnya terjadi pada unit atau sistem listrik yang kurang maintenance. Jika instalasi listrik di tempat tinggal anda sudah cukup lama, ada baiknya menghubungi tukang listrik bersertifkasi untuk dilakukan maintenance sehingga dapat meminimalisir kejadian ini.

Pemadaman Terpusat

Pemadaman terpusat terjadi ketika PLN melakukan perawatan atau pemeriksaan jaringan listrik. Pemadaman terpusat biasanya sudah dijadwalkan oleh pihak PLN jadi kemungkinan besar daerah-daerah yang terdampak akan mendapatkan informasi mengenai adanya pemadaman.

Konsumsi Listrik Naik

Hal lain yang bisa menyebabkan listrik mati mendadak adalah ketika kebutuhan listrik naik mendadak. Pembangkit listrik dilengkapi dengan sistem khusus yang secara otomatis akan memadamkan listrik ketika pemakaiannya melewati batas yang sudah ditentukan. Pemadaman ini sifatnya mendadak dan dilakukan untuk mencegah kerusakan pada alat-alat terkait.

Tiang Listrik atau Kabel Tertimpa Pohon

Tiang listrik yang berada di pinggir jalan biasanya saling sentuh dengan pohon. Terutama di daerah pinggiran kota. Adanya ranting dan dahan pohon ini sangat berisiko merusak kabel listrik. Apalagi kalau musim hujan tiba. Angin kencang bisa merobohkan pohon dan membuat kabel putus. Saat petugas melakukan perbaikan di titik kerusakan, pasokan listrik juga biasanya akan diputus sementara.

Banjir

Ketika banjir terjadi terutama saat volume air tinggi, PLN biasanya sigap melakukan pemutusan arus listrik. Selain mencegah kerusakan pada kabel-kabel listrik, memadamkan listrik saat banjir bisa menghindarkan penduduk setempat terkena sengatan listrik.

Kerusakan pada Gardu Pemasok Listrik

Gardu pemasok listrik adalah bagian yang sangat penting bagi jaringan listrik di sebuah wilayah. Tidak heran jika kerusakan gardu, bisa menyebabkan pemadaman serentak dalam jangkauan waktu yang cukup lama. Listrik baru akan kembali menyala jika pihak PLN sudah memperbaiki titik-titik yang mengalami kerusakan.

Tiang Listrik Tertabrak Kendaraan

Selain karena pohon tumbang, tiang listrik di pinggir jalan juga rentan mengalami masalah karena kendaraan. Tidak terhitung banyaknya kasus pemadaman listrik yang disebabkan karena ada tiang yang tidak sengaja tertabrak mobil yang lewat.

Setelah mengetahui penyebab pemadaman listrik, kamu tidak perlu uring-uringan lagi. Kalau ada kendala, jangan ragu hubungi kantor PLN terdekat, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top