Teknisi Listrik Profesional Blitar

Mencari Masalah Pada Jaringan Listrik

Mencari masalah pada jaringan listrik merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menemukan isu penyebab terjadinya gangguan kelistrikan. Tentunya, pencarian sumber masalah ini dilakukan secara sistematis dan dengan berdasarkan ilmu serta prinsip-prinsip kelistrikan.

Troubleshooting jaringan listrik relatif bersifat kondisional alias dilakukan hanya pada saat ditemukan adanya gangguan dalam jaringan listrik. Dari sekian banyak ciri-ciri adanya gangguan dalam jaringan listrik, salah satunya yang paling sering terjadi adalah lampu yang menyala terang dan redup bergantian secara tiba-tiba. 

Mengapa Lampu Tiba-Tiba Menyala Terang dan Redup Bergantian?

Anda pernah berada dalam ruangan yang lampunya menyala terang, lalu tiba-tiba meredup dan kembali terang?

Kondisi ini merupakan pertanda paling jelas dari tidak stabilnya tegangan listrik di dalam jaringan tersebut. Fluktuasi tegangan listrik ini boleh jadi hanya terjadi selama beberapa milidetik. Namun apabila berulang, Anda tentu akan merasa tidak nyaman dan bahkan membuat mata sakit.

Ketidakstabilan tegangan listrik perlu segera diatasi—bahkan jika menunjukkan gejalanya sebentar saja. Pasalnya, tegangan listrik yang tidak stabil dapat merusak komponen dalam berbagai perangkat elektronika bahkan dalam waktu yang singkat sekalipun.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu melakukan troubleshooting jaringan listrik. Namun, pekerjaan ini bukanlah pekerjaan mudah dan tidak sebaiknya dilakukan oleh orang awam karena risiko yang ada cukup besar. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan jasa teknisi listrik profesional

Bagaimana Menelusuri Penyebab Tegangan Tidak Stabil?

Terjadinya ketidakstabilan tegangan listrik bisa terjadi pada satu perangkat saja maupun seluruh jaringan listrik yang ada di suatu lokasi. Secara umum, ada dua penyebab tegangan tidak stabil, yakni gangguan di sisi PLN dan gangguan di sisi instalasi rumah.

Gangguan di Sisi PLN

Ciri paling utama jika gangguan listrik yang terjadi berasal dari PLN adalah gangguan dialami di seluruh perangkat. Gangguan seperti ini juga kerap terjadi secara massal. Artinya, tidak cuma Anda, tetapi tetangga di sekitar Anda juga mengalami keluhan serupa terhadap perangkat elektronik yang sedang mereka gunakan.

Gangguan ini tentu hanya dapat diperbaiki oleh pihak PLN sendiri. Apabila Anda mengalami kondisi ini, maka hal yang dapat dilakukan adalah dengan melapor ke PLN dan menunggu hingga perbaikan dilakukan.

Guna meminimalkan risiko, batasi penggunaan perangkat elektronik hingga perbaikan selesai dilakukan. 

Gangguan di Sisi Instalasi Rumah

Sebaliknya, jika gangguan listrik terjadi secara lokal—hanya di rumah Anda atau bahkan beberapa perangkat—maka sumbernya berada di sisi instalasi rumah sendiri.

Seperti contoh, gangguan terjadi pada MCB utama. Biasanya masalah ini muncul karena kabel yang terpasang di MCB utama longgar sehingga aliran listrik pun tidak akan maksimal. Selain itu, beberapa indikator lain yang terjadi di MCB berikut kabel-kabelnya antara lain suhu tidak normal, ada bagian yang gosong, maupun berpijar.

Fluktuasi listrik di rumah yang terjadi di salah satu perangkat saja juga ciri bahwa gangguan berada di sisi instalasi rumah. Umumnya hal ini terjadi karena kabel yang terpasang di terminal saklar, fiting, steker, maupun stop kontak berada dalam kondisi yang kendur, bocor (terkelupas dan menyentuh benda lain), suhu terlalu panas, gosong, dan lain-lain.

Untuk mengatasi kondisi ini, cara yang perlu dilakukan adalah dengan segera memperbaiki atau bahkan mengganti bagian kelistrikan yang bermasalah. Credo siap membantu Anda untuk mengatasi situasi ini. Dengan tim yang terdiri dari teknisi profesional dan jam terbang tinggi, kami akan memfasilitasi Anda mengatasi berbagai keluhan listrik, mulai dari troubleshooting jaringan listrik, pemasangan lampu dan stop kontak, perubahan daya, dan lain-lain sesuai standar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top