Memilih Charger Handphone

Panduan Memilih Charger Handphone yang Tepat

Kehilangan charger handphone memang membuat pusing, karena kita tidak bisa melakukan pengisian baterai handphone yang dapat mengganggu mobilitas pekerjaan karena handphone kehabisan baterai.

Cara paling mudah adalah meminjam teman untuk sementara charger handphone mereka. Namun bisa jadi itu akan merusak handphone yang kamu miliki. Siapa tahu charger handphone teman kamu tidak sesuai dengan handphone yang kamu miliki

Oleh karena itu, pada kesempatan ini Credo.id ingin berbagi beberapa tips memilih charging handphone yang paling tepat untuk handphone kamu. Sehingga kamu tidak salah memilih charger handphone yang justru dapat merusak handphone.

Mengenal Tipe Colokan Handphone

Yang perlu diketahui pertama adalah tipe charging port / colokan handphone yang kamu miliki. Umumnya handphone saat ini menggunakan port micro USB. Namun beberapa handphone keluaran baru menggunakan port USB C. Sedangkan untuk pengguna iphone biasanya menggunakan port lighting.

Masing-masing memiliki port yang berbeda, pastikan kamu membeli kabel charger yang sesuai dengan ponsel yang kamu miliki. Apakah micro USB, USB C atau Lighting port.

Kalau tidak mengetahui port charging, ada baiknya melihat manual book / kardus handphone yang kamu miliki atau bisa juga browsing melalui website tentang handphone yang dimiliki.

Voltase dan mAh

Langkah selanjutnya adalah mengetahui voltase dan mAh dari charger yang kamu beli. Anda bisa membeli adaptor charger dan kabel charger secara terpisah. Namun pastikan kalau keduanya saling mendukung sehingga dapat mengisi dengan cepat.

Apabila voltase kabel charger dan adaptornya terlalu rendah, proses charging akan sangat lama bahkan tidak bisa digunakan untuk charge handphone sampai penuh. Sedangkan apabila voltasenya terlalu besar bisa membuat kerusakan pada handphone yang kamu miliki.

Milliampere-hour / mAh merupakan kapasitas baterai dan kecepatan transfer daya dari charger. Biasanya charger memiliki kapatisa 1 amp per jam (1000 mAh). Biasanya ampere yang tinggi tidak akan menimbulkan kerusakan pada baterai handphone, kecuali kalau kelebihannya melewati batasan.

Oleh karena itu disarankan mengikuti yang tertera pada manual book dari handphone yang anda miliki. Karena itu merupakan cara paling aman untuk memilih charger handphone.

Merk Charger

Merk charger juga cukup penting untuk dipilih sehingga dapat memberikan jaminan keamanan bahwa charger tersebut memiliki spesifikasi yang sesuai dengan yang tercantum dalam kemasan.

Anda juga harus memastikan bahwa charger yang digunakan merupakan charger asli. Karena cukup banyak charger bermerek yang dipalsukan dan dijual dengan harga yang miring. Padahal setelah di test menggunakan beberapa alat khusus, hasil yang tercantum tidak sesuai dengan yang tercantum dalam kemasan.

Review

Review juga cukup penting untuk melihat bahwa perangkat tersebut tidak memiliki masalah. Oleh karena itu sebelum membeli peralatan elektronik, pastikan anda membaca dulu review dari pengguna yang pernah menggunakan alat tersebut

Di berbagai marketplace, anda bisa membaca review dari orang-orang yang sudah membelinya terlebih dahulu

Demikian sedikit tips dari Credo.id untuk anda yang bingung memilih charger handphone yang tepat. Semoga sedikit informasi tersebut dapat membantu anda untuk memilih charger baru untuk handphone anda.

1 thought on “Panduan Memilih Charger Handphone yang Tepat”

  1. Pingback: Tips Charge Handphone Biar Baterai Awet - Credo Indoelektra

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top