Alat Listrik di Rumah

Peralatan Listrik yang Harus Kamu Miliki di Rumah

Peralatan listrik apa yang harus kamu miliki di rumah? Pertanyaan sederhana yang sering ditanyakan oleh para kawula muda, terutama untuk yang baru memiliki rumah. Keberadaan peralatan dasar di rumah ini merupakan hal yang dapat membantu kenyamanan ketika menghuni rumah.

Sewaktu-waktu ada beberapa kejadian yang mengharuskan kamu untuk berurusan dengan listrik. Setidaknya dengan adanya peralatan dasar ini di rumah bisa membantumu menyelesaikan beberapa permasalahan listrik sederhana di rumah. Berikut beberapa peralatan listrik yang harusnya kamu miliki di rumah sehingga bisa mengatasi masalah listrik sepele tanpa harus memanggil tukang listrik.

Tespen

Tespen merupakan peralatan yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui apakah ada listrik yang mengalir. Biasanya digunakan untuk melakukan pemeriksaan pada stop kontak maupun kabel. Sehingga pemilik rumah bisa mengetahui apakah permasalahan listrik berasal dari aliran listrik yang hilang atau dari peralatan listrik yang memang rusak.

Bisa dibilang kalau tespen ini merupakan salah satu cara menyelidiki permasalahan listrik yang sering terjadi di rumah. Maka setiap rumah setidaknya memiliki tespen yang bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan.

Obeng plus dan minus

Obeng plus dan minus juga sangat dibutuhkan di dalam rumah. Kadang kita perlu bongkar peralatan listrik entah hanya untuk sekedar membersihkannya atau memperbaikinya. Biasanya tespen bentuknya merupakan obeng minus.

Tapi ada baiknya tetap memiliki 1 set obeng yang memiliki ujung plus dan minus. Karena fungsinya untuk membuka baut plus dan minus. Usahakan membeli obeng dengan karet pengaman di bagian ujungnya sehingga dapat menjadi isolator dan membuat pengguna tidak tersetrum apabila bagian yang dibuka mengandung listrik.

Tang Listrik

Sama seperti dengan obeng plus minus, setiap rumah membutuhkan tang untuk pencatut. Fungsinya ada banyak, selain untuk peralatan listrik juga dapat digunakan untuk membuka peralatan lain, seperti ujung galon yang susah dibuka misalnya.

Di setiap rumah, minimal memiliki satu tang kombinasi yang bisa digunakan untuk memegang,  memuntir, maupun memotong kabel. Belilah tang kombinasi dengan karet pengaman di bagian pegangannya. Fungsinya sama dengan obeng, yaitu sebagai isolator dan menghambat hantaran listrik apabila alat yang sedang diperbaiki mengandung tegangan listrik.

Kabel

Kabel merupakan salah satu peralatan listrik yang harus kamu miliki di rumah. Enggak perlu banyak, namun cukup apabila ada bagian kabel di rumah yang rusak dan perlu diganti. Mungkin ada kabel yang digigit tikus sehingga perlu diganti. Kamu juga perlu tahu jenis-jenis kabel yang biasa digunakan di rumah.

Lakban Listrik

Lakban listrik ini sifatnya merupakan isolator yang digunakan untuk mengamankan sambungan kabel listrik. Sehingga kabel sambungan lebih awet dan meminimalisir risiko orang yang tersetrum dengan tidak sengaja dari sambungan tersebut

Lampu Cadangan

Lampu merupakan salah satu alat listrik esensial yang dimiliki setiap rumah. Oleh karena itu memiliki cadangan lampu merupakan sebuah keharusan yang dimiliki di setiap rumah. Karena apabila lampu sewaktu-waktu mati, bisa diganti sendiri tanpa harus pergi membeli terlebih dahulu. Karena kita tidak tahu kapan lampu di rumah akan mati, oleh karena itu lebih baik mempersiapkan diri sebelum itu terjadi.

Baca juga tips memilih lampu untuk ruangan

Tangga Lipat

Tangga lipat merupakan salah satu alat yang juga perlu dimiliki di setiap rumah. Fungsinya bisa digunakan untuk memanjat ke loteng atau ke atas genting. Bisa juga digunakan untuk menjangkau lampu yang bermasalah baik di dalam rumah maupun luar rumah.

Daripada kesulitan harus meminjam ke tetangga apabila membutuhkan, alangkah lebih baik apabila memiliki sendiri sehingga apabila sewaktu-waktu butuh itu ada.

Demikian peralatan listrik yang harus kamu miliki di rumah, sehingga bisa membantumu untuk mengatasi permasalahan listrik di rumah apabila sewaktu-waktu ada masalah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top