Bohlam vs LED

Perbedaan Lampu Bohlam dan Lampu LED

Pemilihan lampu yang tepat berperan penting dalam suatu hunian. Salah pilih lampu berakibat penggunaan ruangan yang kurang optimal. Bisa saja kamu merasa tidak betah berlama-lama di ruang tersebut karena terlalu terang atau malah terlalu redup.

Memiliki pengetahuan cukup terkait jenis lampu, terutama lampu bohlam dan lampu LED, akan membantu kamu memutuskan lampu yang tepat di tiap ruangan. Lantas, apa saja beda bohlam dan LED? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Lampu Bohlam

Dikenal juga dengan sebutan lampu pijar, cara kerja bohlam sebetulnya sederhana. Arus listrik yang mengaliri filamen akan menghasilkan energi panas yang kemudian berpendar menjadi cahaya. Komponen kaca digunakan untuk membungkus filamen tadi guna menghindari kontak langsung dengan udara dan tidak mengalami oksidasi.

Ditemukan pertama kali oleh Thomas Alva Edison, lampu bohlam sampai saat ini masih digunakan di rumah maupun bangunan lain. Ciri khas bohlam adalah cahaya kekuningan yang menciptakan suasana hangat. 

Kehadiran lampu LED membuat sebagian kalangan mulai meninggalkan bohlam. Padahal, lampu ini punya beberapa kelebihan dibandingkan lampu lain, yaitu:

Harga terjangkau, pemasangan pun mudah

Dibandingkan lampu LED, harga bohlam jauh lebih murah. Selain harga terjangkau, lampu ini juga mudah didapat di toko elektronik. Plus, cara pemasangan bohlam juga mudah. Kamu tidak perlu alat tambahan, cukup putar bohlam langsung ke fitting lampu.

Mampu memberi kehangatan pada ruangan

Karena bohlam juga menghasilkan panas akibat proses pembakaran filamen, energi panas ini bisa memberi kehangatan pada ruangan. Itulah mengapa suhu ruangan yang memakai lampu bohlam terasa lebih hangat.

Intensitas cahaya yang tepat, aman untuk mata

Lampu bohlam bisa dijadikan alternatif penerangan aktivitas tertentu dalam ruangan. Kamu bisa memilih lampu meja atau lampu baca dengan bohlam karena tidak begitu terang. Jadi, kamu bisa membaca atau menulis dengan aman dan nyaman.

Mempercantik tampilan rumah

Karena cahaya kekuningan yang dihasilkan, lampu bohlam bisa kamu pakai sebagai elemen dekorasi di interior rumah. Umumnya, lampu ini dipadukan dengan kap lampu bergaya tradisional atau kuno sehingga menciptakan kesan vintage. 

Lampu LED

Lampu Light Emiting Diodes atau LED diyakini sebagai terobosan teknologi pencahayaan terbaik saat ini. Cahaya LED dihasilkan lewat pengubahan energi listrik menjadi energi cahaya sehingga lampu bisa memancarkan cahaya secara langsung tanpa perantara seperti bohlam.

Banyak orang mulai meninggalkan lampu bohlam dan beralih ke lampu LED berkat sejumlah keunggulan yang dimilikinya. Namun, kelebihan LED harus ditebus dengan harga yang cenderung lebih mahal daripada bohlam.

Walau banyak orang masih ragu berpindah ke lampu LED, deretan kelebihan berikut bisa jadi pertimbangan buat kamu.

Masa pemakaian lebih panjang

Dibandingkan bohlam, masa pemakaian LED lebih panjang. Satu unit lampu LED kualitas terbaik diklaim bisa mencapai 15.000 jam sampai 30.000 jam pemakaian. Rata-rata usia LED di rumah-rumah dapat bertahan hingga 5-10 tahun.

Hemat energi listrik

Untuk menyalakan satu buah lampu LED ternyata tidak memerlukan daya listrik besar. Dibandingkan bohlam, LED mampu menghemat penggunaan listrik hingga 90%. Plus, temperatur lampu cenderung lebih dingin karena tidak perlu waktu pemanasan sampai bisa mengeluarkan cahaya maksimal.

Kualitas pencahayaan terjaga 

Lampu LED mampu memancarkan warna suatu objek secara maksimal. Warna yang terpantul dari paparan cahaya LED akan mendekati warna asli. Dengan intensitas pencahayaan yang baik, LED juga cocok untuk task lighting atau penerangan terfokus. Di sisi lain, lampu ini mempunyai beragam variasi ukuran, bentuk, dan material bola lampu. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kualitas pencahayaan yang ingin diciptakan dalam suatu ruangan.

Itulah beda bohlam dan LED berikut kelebihan masing-masing. Namun, untuk memastikan urusan pencahayaan rumah tertangani dengan baik, kamu bisa menyerahkan tugas ini kepada tukang listrik berpengalaman. Cukup konsultasikan kebutuhanmu, mereka siap memilih dan memasangkan lampu yang tepat di rumah.

Scroll to Top