Sepeda Motor Listrik

Pertimbangan Sebelum Membeli Motor Listrik

Di Indonesia adalah hal yang lumrah setiap orang memiliki satu sepeda motor. Bahkan dalam banyak keluarga  ada yang memiliki lebih dari satu unit. Apapun alasannya membeli atau memiliki motor menjadi salah satu faktor terus berkembangnya teknologi pada motor yang lebih efisien. 

Lalu bagaimana sebenarnya perkembangan motor listrik di Indonesia? Motor listrik pertama masuk Indonesia pada tahun 2015 hingga kini eksistensinya makin tampak. Tetapi sebelum Anda membelinya ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini, tentang kekurangan dan kelebihan motor listrik.

Kekurangan Motor Listrik

Minimnya stasiun pengisian ulang baterai

Meskipun Pemerintah Indonesia sudah membangun banyak stasiun pengisian motor listrik, keberadaannya masih sangat membuat ketir-ketir pemilik motor listrik sebab tak semudah mencari SPBU. Apalagi di kota-kota kecil

Jarak tempuh

Jarak tempuh motor listrik ditentukan oleh berapa banyak daya di dalam baterainya. Semakin besar kapasitas pada baterai maka semakin jauh jarak yang bisa ditempuh. Rata-rata jarak tempuh sekali pengisian penuh sekitar 150-300 Km.

Lamanya pengisian baterai

Pengisian baterai merupakan hal yang tidak boleh disepelekan oleh pemilik motor listrik. Sebab, apabila lupa belum mengisi rusak sudah rencana perjalanan. Sebelum berangkat 4-8 jam isilah baterai motornya. Itulah rata-rata waktu yang digunakan untuk mengisi baterai hingga penuh. Jadi apabila bepergian menggunakan motor listrik tidak dapat dadakan, kecuali untuk jarak yang dekat.

Mungkin anda bisa konsultasikan kepada teknisi listrik profesional untuk bisa membantu melakukan upgrade instalasi listrik sehingga pengisian daya untuk motor listrik bisa lebih cepat.

Banjir

Sesuai namanya motor listrik, sesuatu yang berhubungan dengan listrik pasti bermusuhan dengan air. Tetapi sistem kelistrikan pada motor listrik sudah diproteksi untuk tahan hujan maupun ketika dicuci. Yang perlu dipertimbangkan apakah daerah Anda rawan banjir, penggunaan di jalan yang banjir sangat tidak disarankan.

Suku cadang

Keberadaan bengkel resmi untuk service motor listrik masih minim sekali di Indonesia. Apabila ada kerusakan atau terjadi masalah pada motor pasti sulit untuk segera dapat memperbaikinya.

Kelebihan Motor Listrik

Sangat Efisien

Motor listrik tidak menggunakan bahan bakar minyak seperti biasanya. Penggunaan listrik berteknologi baterai membuat motor listrik memiliki tingkat efisiensi 90%, tiga kali lipat dari motor biasa.

Ramah Lingkungan

Ini salah satu alasan mengapa Anda harus membeli motor listrik. Motor listrik menggunakan teknologi listrik yang ketika digunakan tidak mengeluarkan emisi gas yang dapat menyebabkan pencemaran udara. Tidak seperti motor biasa yang mengeluarkan asap dari knalpot mengganggu mata dan pernafasan.

Minim perawatan

Tidak seperti motor biasa yang harus rutin ganti oli. Perawatannya tidak banyak. Yang diperlukan hanya mengganti minyak rem itu pun dilakukan ketika jarak tempuh sudah mencapai 15.000 Km

Suara mesin yang halus

Terkesan sepele tetapi ini penting. Tidak terjadinya pembakaran membuat suara yang keluar dari knalpot halus. Tidak perlu malu-atau sungkan mengganggu orang lain justru hal ini membuat Anda semakin percaya diri.

Akselerasi spontan

Ini juga tidak kalah penting menjadi alasan utama membeli motor listrik. Motor listrik memberikan torsi langsung saat pertama kali handle gas ditarik. Sangat bertenaga di semua putaran, kapanpun dibutuhkan dengan penggunaan energi yang rendah.

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan pada motor listrik yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum membelinya. Apakah sudah seharusnya Anda memiliki motor listrik? Apakah daerah tempat tinggal Anda mendukung dengan motor listrik? Menjadi bijak lebih diutamakan dari sikap kesia-siaan. Demikian perbandingan ini semoga bermanfaat dan membantu Anda mengambil keputusan untuk membeli motor listrik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top