Memilih Charger Handphone

Tips Charge Handphone Biar Baterai Awet

Para pengguna handphone tentu ingin memiliki baterai yang awet, meski di luar sana sebenarnya banyak tersedia baterai cadangan yang bisa dibeli dan dipasangkan. Namun dengan membeli baterai baru sama dengan mengeluarkan biaya lagi untuk handphone yang sebenarnya sudah memilikinya.

Kebiasaan charging handphone merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi masa pakai baterai. Oleh karena itu ada baiknya untuk melakukan dengan cara yang benar sehingga masa pakai baterai bisa lebih lama

Berikut 3  tips dari Credo.id untuk membantu anda memiliki masa pakai baterai handphone yang lama.

Jangan Tunggu Baterai Habis

Jangan menunggu kapasitas baterai sampai habis ketika melakukan charging. Mungkin memang ada mitos bahwa perlu sesekali melakukan charging dari 0 sampai penuh  untuk reset baterai. Hal itu tidak berguna untuk baterai lithium yang sekarang digunakan oleh handphone.

Lebih baik charging ketika kapasitas baterai di antar 30% dan berhenti di angka sekitar 80%.  Karena melakukan charge secara parsial dapat meningkatkan masa pakai baterai lithium. Seperti yang ada pada penjelasan Android Authority.

Jangan Charge Semalaman

Kebiasaan charging semalam ketika tidur merupakan kebiasaan banyak orang. Meski sebenarnya itu tidak disarankan. Karena charging terus menerus ketika baterai sudah penuh dapat menyebabkan pelapisan litium metalik yang dapat mengurangi stabilitas baterai dalam jangka panjang.

Hal ini bisa memicu ponsel error dan mengalami kegagalan hang dan berulang kali melakukan restart. Tidak menuntup kemungkinan juga bisa mengakibatkan bootlop pada ponsel sehingga tidak bisa masuk ke sistem operasi ponsel.

Jaga Suhu Ponsel

Suhu tinggi merupakan salah satu hal yang membuat baterai tidak awet. Usahakan untuk senantiasa menggunakan ponsel pada suhu normal. Usahakan suhu ponsel ada di kisaran 25 – 30 derajat celcius apabila ingin memiliki pemakaian yang lama.

Sehingga memang tidak disarankan untuk menggunakan ponsel ketika sedang di charge karena dapat meningkatkan suhu pada ponsel itu sendiri. Apalagi kalau sampai buat main game sambil ngecharge.

Kebiasaan charging dengan main game merupakan salah satu cara paling mudah untuk memperpendek masa pakai baterai ponsel yang digunakan. 

Biasakan Charge dengan Baik

Ketiga kebiasaan di atas merupakan cara paling mudah untuk menjaga masa pakai baterai sehingga lebih awet digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Anda tidak perlu membeli baterai yang harganya juga cukup lumayan. Kalau saja suatu saat charger ponselmu hilang, kamu bisa baca tips memilih charger handphone yang bagus.

Kebiasaan buruk dalam melakukan pengisian daya dapat memberikan efek negatif selain rusaknya baterai. Penggunaan ponsel juga tidak akan lancar sehingga dapat saja mengganggu produktivitas pekerjaan yang membutuhkan ponsel.

Kalau mau diringkas, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat baterai handphone lebih awet.

  • Hindar charging dari 0% hingga 100% dan hindari charging semalaman ketika tidur
  • Berhenti charge di 80% lebih baik daripada harus charge 100%
  • Gunakan teknologi fast charging daripada charging semalaman
  • Suhu panas merupakan musuh baterai, hindari charging di tempat yang panas
  • Jangan gunakan handphone apabila sedang di charge. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top