Memilih Lampu Ruangan

Tips Memilih Lampu untuk Berbagai Ruangan

Setelah kamu mengetahui berbagai jenis lampu, langkah selanjutnya adalah mencari tahu apa saja tips memilih lampu untuk berbagai ruangan di rumah. Lampu bukan sekadar berfungsi menerangi ruangan. Pemilihan lampu yang tepat bisa menambah nilai estetika rumah. Bahkan, membuat penghuni rumah merasa nyaman saat beraktivitas.

Lampu yang tepat juga menciptakan optimalisasi tiap ruangan di rumah. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan beberapa aspek terkait pemilihan lampu, antara lain:

  1. Konsep dan kebutuhan ruangan tersebut
  2. Posisi lampu sebagai titik pencahayaan ruangan
  3. Ukuran lampu
  4. Bujet pembelian dan pemeliharaan lampu

Langkah berikutnya, lakukan pemilihan lampu menurut fungsi ruang yang dituju. Ini dia rekomendasi lampu yang bisa kamu gunakan di beberapa ruangan di rumah.

Lampu Ruang Tamu

Sebagai tempat tuan rumah menyambut tamu, kamu perlu menciptakan suasana hangat dan mengedepankan estetika. Ruang tamu mewakili ‘wajah’ rumah yang dilihat pertama kali oleh para tamu. Maka, general lighting dengan cahaya kekuningan bisa jadi opsi.

Misalnya, pemakaian lampu hias gantung dengan dekorasi sesuai gaya interior rumah. Kamu dapat menambah accent lighting di titik tertentu, seperti lampu halogen yang disisipkan dalam celah plafon atau mengarah pada sebuah karya seni.

Lampu Kamar Belajar dan Ruang Kerja

Di ruangan ini kamu butuh penerangan yang sempurna agar bisa fokus belajar atau bekerja. General lighting akan membuat ruangan tampak cerah dan terang. Namun, kamu dapat menambahkan lampu pelengkap seperti lampu meja atau lampu sorot yang berguna saat membaca atau menulis sesuatu.

Untuk itu kamu bisa memilih lampu berwarna putih agar ruang belajar atau ruang kerja tampak terang benderang. Lampu TL dan lampu LED bisa masuk daftar rekomendasi, tinggal sesuaikan dengan dimensi ruangan tersebut.

Lampu Kamar Tidur

Lampu dengan cahaya putih yang hangat mampu menciptakan suasana sejuk di kamar tidur. Cahaya yang dihasilkan sedikit redup, terkesan menenangkan sehingga membuatmu mudah merasa rileks dan bersiap untuk tidur. Lampu LED jadi rekomendasi terbaik untuk digunakan di kamar tidur.

Perhatikan pula penempatan lampu di kamar. Kamu bisa memposisikan lampu sebagai lampu utama, lampu dinding dengan sorotan yang dapat diarahkan, atau lampu nakas di meja samping tempat tidur. Cukup pilih satu atau dua titik saja agar kamar tidak terlalu terang.

Lampu Ruang Keluarga

Sebagai ruangan sentral di rumah, pencahayaan di ruang keluarga sebaiknya terasa hangat sekaligus cukup terang untuk mendukung aktivitas harian penghuni. Penerangan utama bisa memakai general lighting dengan lampu LED. Kemudian, kamu bisa memberi beberapa penerangan tambahan sesuai interior ruang keluarga.

Misalnya, pasang indirect lighting dengan memanfaatkan celah antara plafon dan dinding. Kamu juga bisa memasang lampu tanam di titik tertentu, seperti di rak televisi built-in dengan rak melayang. Bukan hanya tampak indah, tetapi juga memberi efek dramatis yang menyenangkan.

Lampu Taman Outdoor

Pencahayaan taman outdoor bakal mempercantik tampilan taman sekaligus membuat eksterior rumah lebih indah. Kamu bisa menggunakan beberapa teknik pencahayaan dengan menempatkan lampu pada titik-titik tertentu. Misalnya, spot lighting dan up lighting yang menyorot bagian taman tertentu. 

Ada pula moon lighting, shadow lighting, dan silhouetting yang menyorot area taman secara menyebar sekaligus menciptakan efek dramatis. Karena akan menyala sepanjang malam, sebaiknya kamu memakai lampu LED dengan sistem dimmer maupun sistem sensor siang/malam. Jangan lupa sesuaikan dengan konsep taman outdoor yang ada ya.

Demikian tips memilih lampu sesuai fungsi ruang yang ada di rumah. Jika kamu menemui kesulitan menentukan lampu yang tepat, konsultasikan permasalahan ini pada tukang listrik atau penyedia jasa instalasi listrik profesional. Praktis dan aman, kamu tinggal duduk manis menikmati hasil kerja mereka!

1 thought on “Tips Memilih Lampu untuk Berbagai Ruangan”

  1. Pingback: Bikin Smarthome Tanpa Internet? Bisa Dong - Credo Indoelektra

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top