instalasi listrik alfamart

Waspada, Kebakaran Banyak Disebabkan Korsleting Listrik

Tahukah kamu bahwa peristiwa kebakaran di perkotaan banyak disebabkan oleh korsleting listrik? 

Hubungan arus pendek ini muncul akibat kontak langsung konduktor negatif dan positif. Kontak langsung tersebut dapat terjadi ketika proses penyambungan kabel yang dilakukan tidak sesuai prosedur standar instalasi listrik.

Misalnya, kabel-kabel disambung tanpa mengecek ulang penempatan kutub-kutub listrik. Lalu, ada bagian konduktor yang tidak tertutup bahan isolator sehingga arus listrik tetap terkirim ke media lain dan memicu gesekan.

Hubungan arus pendek bisa menciptakan panas bersuhu tinggi dalam periode waktu pendek. Ketika energi panas itu tidak terkontrol, bisa memicu ledakan kuat, dan membakar barang di sekitar jaringan listrik tadi.

Lantas, apa yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya korsleting listrik di rumah? Coba praktikkan 8 cara berikut. 

Hanya pakai alat listrik dan kabel berstandar SNI

Urusan listrik bukan perkara remeh karena menyangkut keamanan dan keselamatan kamu dan keluarga di rumah. Maka, pemilihan alat listrik dan kabel pun harus memperhatikan aspek tersebut. Dengan alat yang sudah berstandar SNI, kualitas dan keamanan pasti terjamin. Tinggal sesuaikan saja pemilihan alat dengan ketersediaan daya listrik di rumah.

Buat denah gambar instalasi listrik lebih dulu

Ini penting bagi kamu yang tengah membangun atau merenovasi rumah. Persiapkan denah gambar instalasi listrik sebelum melakukan pemasangan kabel. 

Denah ini ibarat peta jaringan listrik di rumah. Ketika sewaktu-waktu terjadi gangguan, Kamu pun mudah menelusuri bagian mana yang bermasalah dan bisa cepat diperbaiki. Untuk itu serahkan pada ahlinya seperti Mase Credo yang memiliki jam terbang serta mengikuti standar kelistrikan di Indonesia untuk memastikan instalasi listrik aman.

Lakukan pembagian beban jalur instalasi

Membagi beban jalur instalasi listrik ke dalam beberapa grup atau jalur lebih efektif dan aman untuk rumah. Cara ini akan membuat beban listrik merata sekaligus menghindari terjadinya kondisi mati total saat salah satu jalur tengah mengalami gangguan internal.

Grounding bisa mengurangi risiko

Keamanan instalasi listrik di rumah dapat terjamin setelah kamu melakukan grounding atau pembumian. Grounding berfungsi menyalurkan arus listrik berlebih ke dalam tanah. Umumnya, arus listrik berlebih itu terjadi akibat sambaran petir atau kebocoran listrik. Untuk keamanan, pakai standar nilai resistensi kabel grounding maksimal 5 Ohm. 

Lakukan pemeliharaan rutin instalasi listrik

Ingat bahwa instalasi listrik mempunyai masa pakai sehingga pemeliharaan rutin wajib dilakukan secara berkala. Jangan sampai kamu terpaksa mengalami gangguan atau kejadian buruk dulu baru mengecek ulang instalasi. 

Cabut peralatan listrik dari sumbernya ketika tidak dipakai

Cara ini bukan hanya menghemat listrik, tetapi juga mengurangi risiko korsleting pada peralatan elektronik. Contoh, connector kabel charger ponsel tetap mengalirkan listrik jika tidak dilepas dari steker. Terbayang kan bahaya apa yang mengintai jika kamu membiarkan kabel charger tetap berada di steker meski tidak dipakai?

Hindari menumpuk steker listrik

Kebiasaan buruk menumpuk steker dalam satu terminal listrik yang sama mengundang bahaya tersembunyi. Steker bertumpuk dapat menciptakan panas akibat kelebihan beban. Ketika panas terperangkap dalam waktu lama, berisiko menimbulkan korsleting. 

Manfaatkan jasa instalasi listrik berizin resmi

Butuh tukang listrik dengan jam terbang tinggi untuk mengerjakan instalasi listrik di rumah. Mengingat keamanan dan keselamatan penghuni rumah adalah prioritas, pakailah jasa instalasi listrik yang telah berizin resmi.

Salah satunya adalah Credo yang telah mengantongi izin pelaksanaan jasa instalasi listrik Dirjen Ketenagalistrikan dan memiliki sertifikasi ISO 9001:2015 terkait Manajemen Mutu. Dengan jaminan tersebut kamu dapat menikmati layanan pemasangan, perbaikan, dan pemeliharaan instalasi listrik yang berkualitas serta profesional. 

Merencanakan instalasi listrik secara matang dapat menekan bahaya terjadinya korsleting listrik. Namun, membiasakan diri memakai peralatan listrik di rumah dengan benar dan aman juga penting sebagai bentuk kewaspadaan terhadap bencana kebakaran akibat hubungan arus pendek. 

Semoga informasi ini bermanfaat!

1 thought on “Waspada, Kebakaran Banyak Disebabkan Korsleting Listrik”

  1. Pingback: Pentingnya Desain Gambar Listrik - Credo Indoelektra

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top