Sekring vs MCB

Berbagai Pengaman Listrik di Rumah

Listrik merupakan kebutuhan mendasar yang makin tak terpisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Arus listrik yang mengalir dari sumber diperlukan untuk penerangan, penghasil energi, penghasil panas, dan masih banyak lainnya.

Kendati demikian, listrik mempunyai banyak risiko. Penanganan kelistrikan perlu diperhatikan dengan baik dan sangat cermat untuk meminimalkan terjadinya beberapa isu seperti tersetrum, ledakan, kebakaran, dan sebagainya. Pasalnya, dampak dari berbagai risiko tersebut tak hanya sekadar materi, tetapi juga mengganggu kesehatan bahkan mempertaruhkan nyawa.

Oleh sebab itu, instalasi listrik di mana pun harus dilakukan dengan tepat. Adapun salah satu komponen yang diperlukan untuk meningkatkan keamanan kelistrikan adalah pengaman listrik.

Pentingnya Pengaman Listrik di Rumah

Salah satu jenis kecelakaan yang paling sering terjadi akibat adanya gangguan instalasi listrik di rumah adalah tersengat listrik. Anda mungkin pernah tanpa sengaja membuat kontak langsung dengan steker atau stop kontak dan merasa tersetrum.

Jika beruntung, refleks menarik tangan dengan cepat dan aliran arus tidak terlalu besar dapat menyelamatkan Anda. Namun faktanya, tidak sedikit mereka yang tersengat arus listrik dan bahkan pingsan hingga meninggal.

Hal ini umumnya terjadi saat tubuh melakukan kontak dengan bagian steker yang tidak terlapisi isolator sebagai pengaman listrik paling minimal. Padahal, tubuh manusia pada dasarnya merupakan konduktor alias penghantar listrik yang baik. Dengan demikian, saat tubuh menerima tegangan listrik, listrik pun akan dihantarkan ke seluruh tubuh. Adapun kerusakan terbesar terjadi di jaringan pembuluh darah, saraf, dan otot karena jaringan tersebut memiliki kekebalan yang paling rendah terhadap arus listrik.

Selain itu, kebocoran listrik juga dapat menyebabkan konsleting hingga kebakaran. Berbagai risiko ini tentu dapat dicegah dengan instalasi yang pas sedari awal dan maintenance alias pemeliharaan jaringan listrik.

Jenis Pengaman Listrik di Rumah

Untuk menjaga keamanan jaringan listrik di rumah, setidaknya ada dua perangkat yang dibutuhkan: grounding dan MCB.

Grounding

Pengaman listrik yang satu ini mempunyai fungsi utama untuk menghantarkan arus listrik ke tanah saat terjadi kebocoran listrik. Dengan demikian, risiko bahaya seperti tersetrum, konslet, dan kebakaran dapat diminimalkan.  

Seperti contoh, tanpa Anda sadari terjadi kebocoran listrik dalam jaringan instalasi di rumah Anda. Padahal di waktu bersamaan, Anda sedang menggunakan setrika listrik. Apabila rumah tidak dilengkapi grounding, maka listrik akan mengalir ke tubuh Anda. Sebaliknya, jika hunian sudah dilengkapi grounding listrik, maka tegangan bocor tersebut akan dialirkan ke tanah.

Grounding juga dimaksudkan sebagai penangkal petir. Arus listrik berkapasitas besar yang ada di dalam petir sangat mungkin menimbulkan bahaya seperti setrum maupun kebakaran yang hebat. Namun, grounding dalam rumah akan secara otomatis menangkap arus listrik dari petir tersebut dan menghantarkannya langsung ke tanah. 

MCB (Miniatur Circuit Breaker)

MCB merupakan pengaman listrik yang mulai banyak digunakan sebagai pengganti sekring. Keduanya sebenarnya sama-sama merupakan perangkat untuk melindungi jaringan listrik dari kelebihan beban dengan cara memutus aliran listrik. Dengan begitu, risiko konslet dan kebakaran dapat ditekan.

Namun, MCB memiliki beberapa keunggulan dibandingkan sekring seperti berikut ini.

  1. Sensitivitas terhadap arus pada MCB lebih besar dibandingkan sekering.
  2. MCB memungkinkan identifikasi zona fault lebih mudah dilakukan.
  3. MCB mempermudah penyambungan kembali terhadap suplai tanpa harus mengganti perangkat.
  4. MCB dapat dipakai ulang, mempunyai biaya maintenance rendah, dan proses maintenance yang mudah.

Pengerjaan instalasi jaringan listrik berikut pemasangan pengaman listrik harus dilakukan secara tepat sesuai standar oleh ahlinya. Tujuannya tentu saja agar menekan berbagai risiko yang terjadi baik selama proses pengerjaan maupun setelahnya (pada saat pemakaian). Karena itu, gunakan jasa instalasi dan maintenance listrik profesional dan berpengalaman Credo. Dengan tim yang terdiri dari teknisi profesional dengan jam terbang tinggi, kami siap membantu Anda meningkatkan keamanan kelistrikan di rumah kesayangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top