Lampu yang Redup

Penyebab Lampu Redup

Lampu redup merupakan kondisi yang wajar terjadi. Jika tidak segera diperbaiki, maka akan mengganggu aktivitas dan bahkan membuat mata sakit. Pasalnya, sumber cahaya yang kurang akan membuat mata jadi bekerja lebih ekstra sehingga mata pun menjadi lelah.

Selain itu, lampu yang redup juga akan membuat aktivitas tidak nyaman bahkan mengganggu produktivitas. Karena itu, walau terlihat sepele dan lazim, nyala lampu yang redup harus segera diperbaiki.

Mengapa Lampu Semakin Redup Setelah Pemakaian dalam Jangka Waktu Lama?

Kalau Anda perhatikan, makin lama atau sering digunakan, maka makin redup pula nyala sebuah lampu. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Pada dasarnya, semua komponen elektronika—termasuk lampu—mempunyai lifetime atau masa pakai. Semakin mendekati lifetime, semakin menurun pula kemampuan kinerja perangkat tersebut. Dalam kata lain, makin tua usia pemakaian sebuah lampu, maka kinerja lampu tersebut tidak akan seoptimal di masa awal pemakaian. Adapun komponen yang berperan paling utama dalam menyebabkan lampu redup setelah pemakaian beberapa lama adalah filament.

Perhitungan lifetime sebuah lampu sendiri tidak dapat secara pasti dinyatakan dalam satuan tahun. Parameter yang paling tepat adalah berapa jam pemakaian. 

Seperti contoh, sebuah lampu memiliki lifetime 10.000 jam. Jika Anda secara rutin setiap harinya menyalakan lampu tersebut selama 12 jam, maka Anda bisa menggunakan lampu tersebut hingga 833 hari atau sekitar 2 tahun 3 bulan. Namun tentu saja, hitungan tersebut berlaku apabila kondisi pemakaian ideal seperti pemakaian listrik yang normal.

Penyebab Lampu Redup dan Solusinya

Lampu redup karena lifetime tidak dapat diperbaiki. Satu-satunya cara untuk kembali memperoleh nyala lampu terang adalah dengan membeli lampu baru.

Namun, dalam beberapa situasi, lampu yang redup dapat diperbaiki. Hal ini tentu berdasarkan faktor yang menyebabkan lampu menjadi redup. Oleh sebab itu, sebelum buru-buru mengeluarkan dana untuk membeli lampu baru, kenali dulu beberapa penyebab lampu redup seperti berikut.

Lifetime

Seperti yang dibahas sebelumnya, usia penggunaan memengaruhi nyala lampu. Bahkan, Anda tak perlu menunggu sampai habis masa lifetime-nya.

Anda mungkin bisa membedakan nyala lampu saat baru dipasang dan enam bulan kemudian. Meski masih cukup terang, Anda dapat melihat bahwa lampu lebih redup setelah dipakai beberapa waktu.

Setiap produsen biasanya memberi klaim tentang usia pemakaian produk lampu yang dibuat. Anda bisa mengeceknya di bagian kemasan produk.

Kerusakan Fitting Lampu

Perhatikan fitting atau gantungan lampu. Apabila fitting rusak, maka tidak mustahil nyala lampu redup.

Fitting yang bermasalah dapat terjadi karena adanya kebocoran dari plafon maupun terminal dalam fitting yang longgar. Hal tersebut pun memungkinkan air atau kotoran masuk ke dalam lampu sehingga mengganggu aliran listrik dan membuat nyala lampu tidak maksimal.

Tegangan Listrik yang Kurang

Tegangan listrik PLN yang mengalir ke rumah-rumah adalah sebesar 220V. Ada kalanya, tegangan tersebut tiba-tiba berkurang karena beberapa faktor seperti kabel rusak, adanya gangguan dari sumber, dan lain-lain.

Adapun tegangan yang mengalir tidak harus 220V. Batas paling bawah yang dapat diterima agar perangkat listrik dapat bekerja optimal adalah 10% lebih rendah dari angka tersebut. Jika kurang dari standar tersebut, maka jangan heran jika nyala lampu redup.

Di sisi lain, tegangan yang terlalu besar juga tidak baik. Nyala lampu boleh jadi lebih terang, tetapi justru akan memperpendek usia pemakaian. 

Untuk memperbaiki kondisi listrik yang tidak stabil maupun melakukan pekerjaan instalasi listrik di rumah, gunakan jasa pihak profesional Credo. Kami siap membantu Anda untuk mengatasi berbagai keluhan kelistrikan di rumah maupun kantor sekalipun. Dengan dukungan seluruh tim yang merupakan teknisi profesional dengan jam terbang tinggi, Credo siap melayani keperluan kelistrikan sesuai standar yang berlaku di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top