Sensor Asap di Rumah

Pasang Sensor Keamanan ini di Rumah Anda

Kemajuan teknologi memunculkan makin banyak pilihan sensor keamanan untuk di rumah. Melalui perangkat ini, berbagai risiko terkait keamanan, seperti untuk menangkal maling, meminimalkan terjadinya kebakaran, dan masih banyak lainnya.

Pentingnya Melengkapi Rumah dengan Sensor Keamanan

Maksud dari keberadaan teknologi adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dengan adanya teknologi, manusia dapat melakukan rutinitas lain yang lebih substansial.

Salah satu bentuk teknologi yang kian berkembang adalah sensor keamanan untuk rumah. Terlebih lagi, keberadaan Internet of Things (IoT) memungkinkan integrasi pengendalian sensor tersebut dengan smartphone yang telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari manusia masa kini. Anda bisa memantau bahkan mengendalikan sensor tersebut cukup dari genggaman tangan di mana pun dan kapan pun.

Sesuai namanya, sensor keamanan ditujukan untuk mempermudah manusia dalam meningkatkan keamanan di tempat tinggalnya. 

Seperti contoh, Anda tinggal di kawasan dengan sistem keamanan yang tidak terlalu ketat sehingga memiliki risiko pencurian yang relatif tinggi. Anda mungkin bermaksud untuk meningkatkan keamanan dengan menggunakan kunci gembok biasa pada pagar. Sayangnya, sistem keamanan ini relatif mudah untuk dibobol.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan sensor infrared untuk mendeteksi pergerakan yang tidak normal. Apabila terdapat seseorang yang berusaha untuk masuk ke area rumah Anda dengan gerakan mencurigakan, maka alarm akan berbunyi.

Instalasi sensor keamanan sangat penting terutama jika Anda tidak memiliki sumber daya yang memadai untuk senantiasa melakukan pengawasan keamanan. Dengan begitu, Anda pun jadi lebih tenang dalam memastikan kondisi hunian tetap aman dari berbagai risiko.

Jenis-Jenis Sensor Keamanan untuk Rumah

Ada banyak jenis sensor keamanan yang bisa Anda gunakan untuk rumah. Tentu saja, satu jenis sensor sangat mungkin memiliki banyak pilihan dengan rentang harga dan fitur yang bervariasi. Untuk memilih mana yang terbaik, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang dimiliki.

Sebagai gambaran, selain berbagai sensor untuk menghalau maling, berikut adalah beberapa jenis sensor untuk keamanan yang bisa Anda gunakan di rumah.

Pendeteksi Asap

Sensor untuk mendeteksi asap banyak ditemukan di hotel, kantor, pusat perbelanjaan, dan berbagai tempat publik lainnya. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan sensor keamanan ini untuk meminimalkan terjadinya risiko kebakaran di rumah. 

Tipe yang paling untuk sensor ini adalah detector photoelectric. Pendeteksi asap ini dapat mengenali asap lebih awal dibandingkan tipe ionization sehingga tindakan awal sebelum api mulai merambat dan melalap bangunan dapat dilakukan lebih cepat.

Pendeteksi Gas

Kebocoran pada LPG masih cukup banyak terjadi. Jika cepat ditangani, maka di samping volume LPG tidak akan berkurang banyak sehingga gas tidak terbuang sia-sia, risiko kebakaran dan ledakan dapat diminimalkan.

Sementara itu, kebakaran atau ledakan karena kebocoran gas dari tabung LPG umumnya terjadi karena terlambat mengetahui dan mendeteksi adanya kebocoran tersebut. Gas yang bocor akan terperangkap dan terakumulasi di ruangan tertutup bersama dengan oksigen, panas, dan gas sehingga menimbulkan ledakan.

Untuk meminimalkan risiko ini, Anda bisa memasang sensor pendeteksi gas (kebocoran gas). Saat sensor mendeteksi gas, alarm akan secara otomatis menyala untuk memberi peringatan pada Anda.

Pendeteksi Gempa

Apabila Anda tinggal di daerah rawan gempa, maka sensor keamanan yang satu ini akan sangat bermanfaat. Sensor pendeteksi gempa berfungsi sebagai peringatan dini pada awal terjadinya gempa.

Tidak sedikit orang yang terlambat menyadari terjadinya gempa pada fase-fase awal dengan mengira bahwa mereka sedang merasa pusing atau mengalami keseimbangan tubuh yang terganggu. Namun, alarm yang berbunyi saat sensor mendeteksi getaran yang mendekati skala gempa akan memberi kepastian bahwa kondisi gempa benar-benar terjadi. Dengan begitu, Anda dapat lebih sigap dalam mencari perlindungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top