Teknisi Listrik Profesional Blitar

Kenali Penyebab Gangguan Listrik dan Cara Mengatasinya

Gangguan listrik adalah hal yang sangat lazim terjadi. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam dan sumber gangguannya pun dapat terjadi di sisi instalasi jaringan listrik lokal maupun dari sisi PLN sebagai penyedia.

Hal ini yang menjadi alasan mengapa tidak semua gangguan listrik harus mendapat penanganan dari PLN langsung. Untuk lebih memahami penyebab dan cara mengatasi gangguan listrik, simak beberapa poin penjelasan berikut.

Pemadaman Listrik Secara Tiba-Tiba

Ini adalah jenis keluhan yang paling sering terjadi. Tanpa ada pemberitahuan apapun sebelumnya, tiba-tiba saja listrik padam sehingga perangkat yang membutuhkan catuan listrik tidak dapat digunakan.

Penyebab untuk hal ini bisa terjadi karena dua hal.

Pertama adalah gangguan di sisi PLN, biasanya terjadi di titik distribusi seperti trafo yang bermasalah. Karena itu, gangguan ini tidak cuma dialami oleh Anda, tetapi juga oleh pelanggan PLN lain yang berada di jalur distribusi yang sama dengan Anda.

Kedua adalah karena adanya kelebihan beban di sisi instalasi rumah Anda sendiri. Seperti misal, Anda menggunakan kapasitas listrik 900 VA. Di saat yang bersamaan, Anda menyalakan lampu, magic com untuk memasak, mesin cuci, AC, dan menyalakan TV yang ketika di total, jumlah daya untuk seluruh kebutuhan tersebut melebihi 900 VA. Otomatis, listrik akan padam.

Terjadi Korslet

Korslet adalah kondisi ketika sebuah konduktor memiliki tahanan yang kecil sehingga arus listrik yang mengalir besar. Apabila kondisi ini dibiarkan terus-menerus, maka efek panas akan terakumulasi sehingga bisa menyebabkan kebakaran.

Penyebab gangguan listrik yang satu ini pun sangat beragam. Sebagai contoh, berikut adalah beberapa penyebab korslet yang lazim terjadi.

  • Adanya hubungan singkat.
  • Stop kontak kemasukan air.
  • Instalasi jaringan listrik tidak standar.
  • Kabel listrik memiliki ukuran terlalu kecil dari kebutuhan.
  • Kabel instalasi keropos.

Kondisi instalasi listrik di rumah sering kali tidak dilakukan maintenance secara berkala. Biasanya, seseorang baru akan menyadari bahwa ada sesuatu yang salah ketika terjadi risiko yang besar. Padahal, risiko tersebut terjadi tidak secara tiba-tiba. Credo bisa membantu anda melakukan pemeriksaan instalasi listrik di rumah.

Maka dari itu, melakukan maintenance jaringan listrik secara berkala perlu dilakukan. Pun sekarang telah hadir jasa pemeliharaan jaringan listrik yang dilakukan oleh pihak profesional sehingga lebih aman dan nyaman.

Fluktuasi Tegangan dan Frekuensi Listrik

Standarnya, aliran tegangan listrik PLN adalah 220 V dan frekuensi 50 Hz. Apabila angka ini berubah-ubah—apalagi dalam waktu lama atau berulang—maka risiko perangkat elektronik menjadi rusak akan lebih cepat terjadi. Salah satu contoh yang dapat diamati saat terjadi kondisi ini adalah nyala lampu yang tidak stabil secara tiba-tiba.

Tegangan dan frekuensi yang naik turun dapat terjadi karena dari sisi PLN atau adanya isu pada jaringan instalasi lokal. Seperti yang lainnya, apabila gangguan terjadi pada sisi PLN, biasanya dapat diamati pada kondisi listrik pada konsumen PLN lainnya di area distribusi yang sama.

Nah, itulah beberapa penyebab gangguan listrik yang paling umum terjadi. Untuk mengatasinya, Anda harus bisa menentukan terlebih dahulu apakah masalahnya terjadi di sisi PLN atau jaringan lokal. Jika terjadi di sisi PLN, maka Anda perlu untuk menghubungi PLN. Sementara itu jika terjadi di sisi instalasi lokal, maka Anda bisa menggunakan jasa perbaikan listrik profesional untuk pengerjaan yang lebih aman. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top