Alat Listrik di Rumah

Manfaat Manajemen Kabel Listrik pada Bangunan

Manajemen kabel atau wiring management merupakan istilah yang dikenal luas dalam instalasi listrik, optik maupun jaringan komputer. Istilah ini digunakan untuk menyebut semua produk yang berhubungan dengan pemasangan kabel termasuk perencanaan dan pengerjaan. Karena kabel sangat rentan kusut, fungsinya bisa terganggu jika tidak dipasang dengan baik.

Dalam instalasi listrik, manajemen kabel yang asal-asalan bisa menyebabkan berbagai masalah termasuk terputusnya arus listrik hingga korsleting. Agar tidak terjadi peristiwa yang tak diinginkan, Anda memerlukan wiring management yang baik. Apa saja manfaatnya bagi bangunan seperti rumah maupun kantor?

Meningkatkan Keamanan di Dalam Gedung

Instalasi listrik adalah sesuatu yang sangat sensitif. Kesalahan pemasangan tidak hanya akan membuat sambungannya terganggu tapi juga berisiko bagi orang-orang yang ada di dalamnya. Jika kabel-kabel di rumah Anda dipasang sembarangan, Anda bisa saja tersandung, tersetrum hingga menyebabkan korsleting.

Selain memasang kabel dengan benar dan tepat, pastikan Anda juga memilih material kabel yang berkualitas. Jangan lupa lengkapi listrik Anda dengan saklar dan sambungan kabel dari bahan yang tidak mudah rusak.

Meningkatkan Estetika Interior

Kabel yang berantakan tak beraturan dikenal dengan sebutan cable spaghetti. Kabel yang dipasang bertumpuk-tumpuk tidak hanya membahayakan seisi rumah tapi juga bisa membuat interior terlihat berantakan dan menurunkan nilai estetikanya. Untuk merapikan kabel-kabel di rumah, Anda bisa menggunakan jasa instalasi listrik berpengalaman untuk menata kabel dengan baik dan sesuai standar.

Mengefisienkan Penggunaan Listrik

Salah satu langkah penghematan listrik di rumah, kantor maupun bangunan komersial lainnya adalah dengan melakukan instalasi listrik dengan baik dan benar. Ini bisa dimulai dengan memastikan semua kabel berfungsi maksimal dan tidak ada daya yang terbuang sia-sia. Dengan begitu, tagihan listrik yang membengkak tanpa diketahui penyebabnya dapat dihindari.

Memudahkan Perawatan dan Renovasi

Perawatan dan renovasi bangunan pasti harus dilakukan secara berkala. Pemasangan kabel yang tidak sesuai dengan aturan dan standar akan menyulitkan Anda melakukan pengecekan dan perawatan rumah. Jika kabel dipasang dengan baik, Anda tidak perlu melakukan pembongkaran besar untuk mengatur kembali instalasi listrik jika rumah direnovasi suatu saat nanti.

Membuat Aktivitas di Dalam Rumah Jadi Lebih Mudah

Bayangkan jika Anda meletakkan saklar lampu terlalu tinggi atau lupa memasang colokan di dekat meja komputer Anda. Meskipun terkesan sepele, tapi kesalahan-kesalahan ini akan sangat merepotkan Anda nantinya. Selain menyulitkan, saklar lampu yang terlalu sulit dijangkau bisa menyebabkan kecelakaan sampai korsleting. Karena itu, manajemen kabel harus dilakukan dengan penuh pertimbangan. Tidak hanya dari segi keamanan, tapi juga kenyamanan para penggunanya.

Untuk Anda yang ingin melakukan instalasi listrik baru atau melakukan wiring update, Credo.id siap membantu Anda. Dengan sertifikat ISO 9001, kami akan membantu manajemen kabel agar sesuai standar keamanan yang berlaku. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top