Pemasangan Stop Kontak

Tips Membuat Terminal Charger untuk Kantor atau Kafe

Agar kinerja harian bisa berjalan maksimal, setiap gedung usaha, baik kantor maupun usaha dagang seperti kafe memerlukan instalasi listrik yang tepat. Ini termasuk pula terminal charger guna bisa mengakses listrik lebih mudah. 

Jadi, karyawan maupun konsumen nantinya tidak perlu repot mencari sumber listrik untuk memudahkan melakukan pekerjaan harian. Terlebih jika produktivitas ditunjang dengan berbagai perangkat elektronik yang membutuhkan daya listrik. 

Membuat Terminal Charger untuk Meja di Kantor

Terminal charger atau stop kontak menjadi hal yang sangat penting di kantor maupun kafe. Adanya benda tersebut akan memudahkan karyawan atau pelanggan mengakses daya listrik untuk perangkat elektronik mereka. Tak heran jika sudah pasti ada terminal charger pada setiap meja di kantor atau kafe. 

Meski begitu, memasang colokan ini tidak boleh asal karena sebagian besar kasus listrik korslet terjadi akibat instalasi listrik yang tidak tepat. Lalu, bagaimana jika ingin membuat stop kontak di setiap meja kantor atau kafe? Tips bikin terminal charger berikut mungkin bisa Anda pertimbangkan:

  • Pastikan meja telah dilengkapi lubang khusus untuk kabel. Biasanya, fitur ini ada di bagian ujung atas meja. Adanya lubang ini akan membuat kabel lebih tertata.
  • Usahakan tidak meletakkan terminal charger di lantai. Lekatkan colokan pada sisi meja atau letakkan di atas guna memudahkan akses listrik. Jika membutuhkan banyak daya, pilih colokan dengan banyak port.
  • Pilih terminal listrik jenis extension cord dengan kabel yang tidak terlalu panjang maupun terlalu pendek. Selain itu, pilih pula colokan yang memiliki fitur saklar on dan off guna menghindari bahaya.
  • Pastikan kantor atau kafe sudah mempunyai grounding guna menghindari bahaya akibat arus listrik.

Penggunaan Terminal Charger dengan Empat Port

Terminal charger atau bisa disebut power strip menjadi peranti listrik yang banyak dipilih saat Anda ingin memperbanyak penggunaan stop kontak. Tentu saja, benda ini akan membantu jika Anda ingin memakai banyak perangkat elektronik pada waktu yang bersamaan.

Colokan dengan tipe extension cord banyak digunakan untuk kantor maupun kafe karena bisa membantu memberikan daya listrik pada perangkat meski letaknya jauh dari tembok sebagai sumber listrik utama. Biasanya, setiap meja diberikan terminal listrik dengan empat port atau colokan. 

Semakin banyak lubang stop kontak, tentu akan semakin banyak pula perangkat yang bisa Anda hubungkan dengan daya listrik. Akan tetapi, jika ada port yang jarang digunakan, debu akan mengotori lubang dan bisa memicu korsleting listrik. 

Ini artinya, pemilihan jumlah port pun harus dipertimbangkan dengan baik. Lalu, bagaimana dengan daya output listrik pada setiap port? Umumnya, terminal listrik dengan empat soket ini memiliki daya output atau keluaran sebesar 220 V dan 10 A untuk arus AC, dan 5 V dengan 2.1 A untuk arus DC. Meski begitu, bisa saja produk lain memiliki daya output yang berbeda. 

Pemilihan Kabel yang Tepat

Tips bikin terminal charger lainnya untuk kantor dan kafe yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan kabel. Pasalnya, penggunaan kabel yang tidak tepat tentu akan berpengaruh pada muatan listrik. 

Sebaiknya, pilihlah kabel dengan ukuran besar karena muatan listrik yang dihasilkan pun akan lebih besar. Sementara untuk saklar atau MCB yang digunakan bisa disesuaikan dengan besaran tenaga listriknya. 

Jika Anda ragu untuk memasang terminal charger sendiri, percayakan saja pada Credo.id. Ada banyak layanan yang ditawarkan berkaitan dengan konstruksi listrik, mulai dari instalasi, konstruksi, perawatan, peremajaan, hingga grounding untuk rumah dan bisnis Anda. 

Demi menjaga kredibilitas dan kepercayaan pelanggan, Credo.id memiliki tenaga ahli yang sudah pasti kompeten dan mampu bekerja secara profesional. Adanya jaminan kualitas ISO 9001 juga membuktikan bahwa Credo.id akan memberikan pelayanan terbaik pada setiap pelanggan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top