Mesin Cuci Hemat

Tips Memilih Mesin Cuci Hemat Listrik

Saat memutuskan akan membeli mesin cuci, banyak orang yang hanya mencari model terbaru. Anda mungkin berpikir bahwa mesin teranyar dengan teknologi mutakhir pasti bisa memenuhi kebutuhan Anda. Padahal, itu belum tentu benar. Tak sedikit produk mesin cuci terbaru justru menghabiskan daya listrik yang lebih besar. Ini tentu akan menyulitkan Anda nantinya. Lantas, bagaimana cara mencari mesin cuci hemat agar tidak boros listrik?

Sebelum membeli, ada beberapa tips memilih mesin cuci hemat yang bisa Anda lakukan. Simak selengkapnya berikut ini!

Pilih Mesin Cuci Front Loading

Mesin cuci front loading atau dengan bukaan di depan adalah salah satu jenis mesin cuci hemat. Model mesin cuci semacam ini memerlukan 60% listrik dan air yang lebih sedikit dibanding mesin cuci dengan bukaan di bagian atasnya. Karena diproduksi untuk penggunaan yang lebih efisien, mesin cuci ini dilengkapi berbagai fitur seperti pengaturan siklus air, penghitung waktu hingga pengatur kecepatan putaran.

Belilah Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Mesin cuci didesain dengan kapasitas dan kemampuan cuci yang berbeda-beda. Jika Anda hanya akan menggunakan mesin cuci untuk keperluan rumahan, belilah yang kapasitasnya kecil. Jangan membeli mesin cuci dengan ukuran yang terlalu besar karena sudah bisa dipastikan daya listrik yang dibutuhkan juga akan lebih besar.

Lihat Label Energinya

Hampir semua jenis perabotan listrik yang dijual di pasaran dilengkapi dengan skema peringkat energi pada labelnya. Informasi ini akan memuat besaran daya yang dibutuhkan oleh mesin cuci untuk beroperasi. Jangan lupa memeriksa label tersebut agar Anda tidak salah beli.

Selain listrik, mesin cuci juga bisa dikatakan hemat jika penggunaan airnya efisien. Terlalu banyak air yang dibutuhkan untuk mencuci bisa membuat tagihan Anda membengkak.

Beli Mesin Cuci Berfitur Minimal

Semakin banyak dan canggih fitur yang disertakan pada sebuah mesin cuci bisa berpengaruh pada konsumsi energinya. Mesin cuci hemat umumnya hanya dilengkapi dengan fitur dasar saja seperti pencuci dan pengering. Semakin sedikit fiturnya, semakin praktis dan semakin sedikit konsumsi listrik yang dibutuhkan.

Gunakan Mesin Cuci Sesuai dengan Petunjuk

Cara Anda mengoperasikan mesin cuci juga berpengaruh pada daya yang digunakan. Mencuci terlalu sering misalnya, akan membuat mesin bekerja lebih banyak dan artinya butuh listrik yang lebih banyak pula. Begitu juga ketika Anda menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian melebihi daya tampungnya, mesin juga bisa rusak. Gunakan mesin cuci dengan benar sesuai dengan aturan yang tertera pada kotak.Jika setelah membeli mesin cuci hemat listrik ternyata tagihan Anda masih tinggi juga, mungkin ada yang salah dengan sambungan listrik Anda. Hubungi Credo untuk mencari tahu solusinya. Credo adalah kontraktor listrik berpengalaman di Blitar yang siap membantu Anda melakukan pemasangan sambungan baru hingga tambah daya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top